Jumat, 11 Mei 2012

Hack Symbian Pasca Hard Reset (Hacking Untuk Semua Ponsel Symbian Series)


Akhir manis dari sebuah penantian yang sangat lama. Kabar menggembirakan telah datang bagi para pengguna ponsel Symbian yang mengalami kesulitan meng-hack ponselnya baik karena hard reset maupun karena mengadopsi Symbian versi terbaru.

Beberapa hari yang lalu saat meramban situs Smartlip.Com saya menemukan sebuah metode hacking baru yang bisa diterapkan untuk semua ponsel Symbian dari Symbian 9.x sampai Symbian^3 dan ternyata metode tersebut bisa juga digunakan pada ponsel yang unhackable gara – gara hard reset tanpa harus upgrade firmware .
Seorang nara forum Smartlip.Com (stas686) berhasil menemukan metode ini yang kemudian dikembangkan oleh CODeRUS dan Kolayuk hingga lahirlah sebuah Just HackIt. Berikut ini metode hacking dengan Just HackIt :
Persiapan Alat :
1. Buat sertifikat di S60certkey.Com atau di Opda , jika sudah ada lewatkan.
2. Download JustHackIt.zip
3. (Optional) Download file installserver di bawah ini yang sesuai versi Symbian ponsel kamu tapi jika sudah punya lewatkan bagian ini.
InstallServer 9.2
InstallServer 9.3 – 9.4
InstallServer S^3
4. Download FreeSigner (signed) dan jika sudah punya lewatkan langkah ini.
5. Untuk Symbian S60v3 dan S60v5 (andai belum punya) siapkan juga X-plore
Langkah Hacking :
1. Instal CertUpdater.sisx
2. Sign file CertHack_Installer.sis lalu instal file yang sudah signed.
3. Di Menu, klik ikon HackIt dan tunggu hingga proses hacking selesai.
Jika hacking sukses maka pada Symbian^3 secara otomatis akan terinstal FileBrowser sedangkan pada seri lainnya akan terinstal ROMPatcher+ v 2.6. Dan sampai di sini Hackit sudah bisa dihapus/uninstall.
4. Untuk Symbian 9.2 dan 9.3 yang kompatibel dengan patch Install Server RP+, buka ROMPatcher+ lalu aktifkan/enable patch tersebut. Sedangkan untuk ponsel yang tidak kompatibel, buka ROMPatcher+, aktifkan/enable patch Open4All kemudian dengan menggunakan X-plore, ekstrak file installserver.exe ke C:\sys\bin dan ada baiknya beri atribut Read Only.
Untuk Symbian 9.4 dan S^3 ada kemungkinan (saya tidak tahu pasti karena tidak punya, hehe…) file installserver.exe akan tercopy saat proses hacking sedang berlangsung. Tapi jika hal itu tidak terjadi, kamu bisa mendownload file tersebut pada tautan di atas dan mengekstraknya secara manual.
Khusus untuk S^3, agar dapat akses penuh pada file sistem lakukan pengaturan dulu di menu Settings pada aplikasi FileBrowser. Saya tidak tahu pengaturannya seperti apa karena belum pernah melihat, jadi silakan dieksplor sendiri :-P .
Begitu juga dengan pengguna yang baru pertama kali menggunakan X-plore, konfigurasi terlebih dahulu dengan menekan tombol 0 atau G (qwerty) lalu centang 4 kotak cek pada bagian atas pengaturan kemudian tekan Back.
5. Selesai.
Happy hacking Happy ending :-)
PS :
Bagi pengguna yang menginginkan sebuah patch memiliki autorun lebih awal bisa menambahkan file domainsrv.exe pada ROMPatcher+, silakan download file DomainSrv.zip dan cara serta penjelasan lebih lanjut mengenai hal ini bisa dibaca di sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini